7 Tempat Wisata paling favorit di Jogja Yang Bisa Kamu Kunjungi


Tempat Wisata di jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal dan domestik saja tetapi juga wisatawan mancanegara. Hal ini tidak mengherankan karena Yogyakarta mempunyai beragam tempat-tempat pariwisata yang mengagumkan.

7 Tempat Wisata paling favorit di Jogja Yang Bisa Kamu Kunjungi
Tak hanya kota Jogja saja yang sudah populer dengan wisata jl. Malioboro dan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang menjadi tempat wisata favorit, tetapi hampir di semua wilayah propinsi Yogyakarta mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik. Oleh karenanya Daerah Istimewa Yogyakarta bisa menjadi pilihan untuk berwisata bersama keluarga atau sahabat kamu.

Di Yogyakarta kita bisa mengunjungi berbagai macam Tempat Wisata yang menarik seperti, wisata kuliner wisata alam, wisata budaya, dan wisata kota, wisata belanja, wisata candi, wisata pantai, wisata sejarah dan tempat wisata lainnya.

Bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan dengan berwisata ke Jogja,  berikut akan kami berikan informasi tempat-tempat pariwisata yang menjadi favorit dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan sebagaimana dilansir situs Rancah Post di bawah ini.

1. Tempat Wisata Keraton Yogyakarta Hadiningrat


Keraton Yogyakarta merupakan istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat yang lokasinya berada di jantung kota Yogyakarta. Komplek keraton adalahtempat tinggal sultan dan rumah tangga kesultanan yang masih menjalankan tradisi keraton dalam menjalankan pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta. Keraton yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono 1 pada tahun 1755 ini, sebagian di gunakan sebagai museum yang menyimpan berbagai koleksi kesultanan, hadiah raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, Gamelan, maupun kereta kencana milik kesultanan. Dengan arsitektur Jawa yang kental terbaik dan mempunyai balairung mewah.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke sini, Keraton Yogyakarta di buka setiap hari dengan jam buka mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB. Khusua hari Jumat, Keraton hanya buka hingga jam 12.00 WIB. Di sini para pengunjung bisa melihat berbagai koleksi keraton berupa peninggalan raja-raja jaman dulu, berbagai pusaka, perangkat musik dan arsitektur bangunan keraton yang unik. Tak hanyaitu, setiap harinya para pengunjung akan di suguhkan pentas seni serta adat istiadat yang di lakukan abdi dalem keraton.

2. Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta


Taman Sari Keraton Yogyakarta adalah bekas taman keraton yang di bangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono ke 1 untuk di jadikan taman keraton pada waktu itu. Di tempat wisata taman sari Yogyakarta ini, biasanya para istri raja dan para putri menikmati keindahan taman. Di Taman Sari Yogyakarta mempunyai gedung lama, jembatan gantung, kolam pemandian, danau buatan, kanal air, pulau buatan serta lorong bawah air. Keindahan dan kemewahan pada tempat ini pada waktu itu masih bisa kita lihat dengan menyusuri setiap sudut yang ada di Taman Sari Yogyakarta.

3. Tempat Wisata Candi Prambanan


Candi Prambanan atau disebut juga Candi Roro Jonggrang merupakan candi Hindu paling besar yang dibangun pada abad ke-9 Masehi. Komplek candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Sleman kurang lebih 17 km ke arah timur dari kota Yogyakarta. Tempat Wisata Candi yang berbatasan langsung antara Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Klaten ini adalah tempat wisata wisata favorit di DIY. Bentuk bangunan candi indah dan menjulang setinggi 45 meter menjadi daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu Candi Prambanan menjadi candi terindah dan termegah di Asia Tenggara, tak hanya candi ini juga termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Tempat Wisata Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis Yogyakarta adalah salah satu tempat wisata pantai yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan juga mancanegara di bandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Jogja. Pantai yang berada di Desa Kretek, Bantul ini memberikan pesona ombak besar pantai selatan dan juga beberapa karang besar yang berada di bibir pantai. Konon dari cerita mistisnya, Parangtritis adalah gerbang keraton kerjaan gaib Nyi Roro Kidul. Dan pada bulan-bulan tertentu di pantai ini diadakan upacara persembahan yang dilakukam oleh warga setempat.

5. Tempat Wisata Pantai Baron


Pantai Baron ini terletak di Desa Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul. Lokasi Pantai Baron berjarak 40 km dari pusat Kota Yogyakarta dan dapat di tempuh dengan mobil, kendaraan bermotor, atau bus. Keunikan yang terdapat pada Pantai Baron yang terlihat atau berbentuk cekungan. Di sini para pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dengan beberapa wahana menarik untuk anak-anak, perahu, dan toko cindera mata. Tak hanya itu, para pengunjung juga bisa menikmati hasil tangkapan laut di tempat-tempat kuliner yang ada tempat wisata wisata ini dengan harga yang relatif murah.

6. Tempat Wisata Kawasan Jalan Malioboro


Di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta  adalah tempat yang wajib di jelajahi apabila berkunjung ke Yogyakarta. Sebab tempat ini adalahtempat favorit bagi para wisatawan untuk berwisata. Tak hanya banyak tempat wisata sejarah di kanan kiri jalan ini, para pedagang kaki lima dan warung lesehan  di pinggiran Jalan Malioboro juga menjadi daya tarik bagu wisatawan.

7. Tempat Wisata Kaliurang


Kaliurang adalah tempat wisata wisata yang terletak di Kabupaten Sleman, Yogyakarta yang berbatasan dengan Jawa Tengah. Untuk akses yang mudah serta panorama yang menarik di sini membuat tempat ini menjadi tempat tempat wisata wisata favorit bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Untuk menuju ke tempat wisata Kaliurang dapat di tempuh menggunakan kendaraan kurang dari 1 jam dari Kota Yogyakarta. Kaliurang terletak pada dataran tinggi dan banyak resort yang dapat kita temui dan kita sewa dengan kesejukan udaranya. Dan tempat yang paling banyak di kunjungi di Kaliurang yaitu Tlaga Putri.

Tak hanya pemandangan alam yang menakjupkan, di sini juga bisa kita temui bangunan bersejarah yang di sebut Wisma Kaliurang. Di mana wisma ini adalah tempat perundingan antara RI dan Komisi Tiga Negara.

Tak hanya pesona dan keindahan tempat wisata tersebut, kita juga bisa membawa pulang cindera mata dan oleh-oleh khas tempat wisata yang saya sebutkan tadi. Dan bagi kamu yang ingin menghabiskan liburan di tempat wisata di atas, kamu tidak perlu kuatir sebab banyak tersedia hotel dan penginapan yang bisa kamu pilih.

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta