Raja Ular Paling Beracun, Ini Dia Fakta Menarik Ular Kobra yang Jarang Diketahui


Yofakta.com - Jenis ular beracun yang satu ini tentu sudah tidak asing di benak kita. Ular kobra sering disebut sebagai raja dari seluruh jenis ular, karena memang memiliki racun yang mematikan dan sisi agresifitas yang tidak dimiliki oleh jenis ular manapun di dunia.

Raja Ular Paling Beracun, Ini Dia Fakta Menarik Ular Kobra yang Jarang Diketahui
Tetapi tahu gak sih, kalau si raja ular yang satu ini juga memiliki sejumlah fakta menarik yang mungkin jarang orang ketahui. Berikut kami sampaikan fakta-fakta menarik ular kobra yang perlu Anda ketahui.

Baca juga: Fakta Tentang Ular yang Jarang Diketahui Orang dan Cara Efektif untuk Mengusirnya

1. Racun Ular Kobra Sangat Mematikan


Ular kobra merupakan salah satu hewan paling beracun di dunia. Kandungan protein dan polipeptida yang terdapat pada racunnya bersifat neurotoksik sehingga akan langsung menyerang sistem saraf. Jika tidak ditangani secara cepat, gigitan ular kobra dapat menyebabkan kematian.

2. Ular Beracun Terpanjang di Dunia


Tidak hanya dikenal sebagai ular paling beracun, ular kobra juga menjadi ular berbisa terpanjang di dunia. Panjangnya dapat mencapai 5,5 meter dengan berat sekitar 20 kilogram.

3. Indera Penciumannya Sangat Tajam


Indera penciuman menjadi andalan ular kobra untuk bertahan hidup. Dengan indera penciuman yang sangat tajam, ular kobra dapat mendeteksi mangsa menghindari predator.

Indera penciumannya ini ternyata bukan terletak pada bagian hidung, tetapi pada sensor yang terletak di ujung lidahnya.

Jangan lewatkan: 10 Fakta Sampah Plastik yang Akan Buat Anda Tercengang

4. Jenis Ular Lain menjadi Makanan Favorit Bagi Ular Kobra


Saat makan, ular kobra akan menelan mangsanya langsung secara utuh. Rahangnya yang fleksibel dan lentur memungkinkan ular kobra untuk menelan mangsa yang ukurannya lebih besar dari ukuran kepalanya.

Raja Ular Paling Beracun, Ini Dia Fakta Menarik Ular Kobra yang Jarang Diketahui
Hal yang unik adalah makanan favorit ular kobra justru hewan sebangsanya, yaitu ular-ular lain yang ada di sekitarnya. Namun, ular kobra juga akan memangsa hewan lain apabila tidak menemukan ular di dekatnya.

5. Sering Dijadikan Bagian dari Atraksi Pertunjukan


Tidak hanya dapat ditemukan di alam bebas saja, ular kobra juga sering dijadikan dalam bagian dari atraksi suatu pertunjukan.

Ular berbahaya ini menjadi tontonan yang menarik ketika beradu peran dengan sang pawang. Tapi ingat, atraksi ini sangat berbahaya sehingga hanya boleh dilakukan oleh seorang profesional.

Bagaimana dengan 5 fakta menarik ular kobra di atas? Sepertinya memang gak salah kalau ular kobra dijuluki sebagai Raja Ular.

Pasalnya, ular kobra memangsa ular lain yang ada di sekitarnya. Itulah mengapa ular kobra selalu hidup menyendiri. Kasian yah gak punya teman? Makannya jangan juga ‘makan teman’.... hehe.

Lanjutkan membaca: 5 Fakta Mengagumkan tentang Pohon, Yuk Kita Jaga Kelestariannya!

Sumber:
https://www.idntimes.com/science/discovery/xehi-dekirty/fakta-menarik-ular-kobra-exp-c1c2/full

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta