Fakta Menarik Magma, Batuan Cair Panas yang Ada di Perut Bumi



Yofakta.com - Pengertian Magma adalah lelehan batuan sangat panas yang ada dan terperangkap di dalam kerak bumi. Sedangkan jika magma keluar ke permukaan bumi melalui letusan gunung berapi maka namanya menjadi lava.

Fakta Menarik Magma, Batuan Cair Panas yang Ada di Balik Perut Bumi
Magma bergerak dinamis di bawah tanah dan sewaktu-waktu dapat keluar ke permukaan bumi lewat gunung api yang meletus.

Ada begitu banyak gunung berapi di Indonesia, dan berpotensi memuntahkan magma yang ada di dalam tanah. Nah, berikut ini kami sampaikan fakta-fakta mengenai magma yang mungkin Anda tidak pernah tahu sebelumnya.

1. Proses Terbentuknya Magma


Sejatinya, magma merupakan batuan meleleh yang sangat panas di dalam bumi. Magma terbentuk dari tiga unsur utama yang bercampur, yakni batuan cair, mineral, dan gas terlarut.

Suhu yang cukup tinggi melelehkan batuan sehingga terbentuklah magma. Suhu tersebut berkisar antara 800 hingga 1300 derajat celsius di mana dapat terjadi di dasar litosfer, yaitu lapisan bumi yang padat dan terluar yang masuk dalam bagian paling atas mantel bumi.

2. Material di Bumi yang Sangat Panas


Magma merupakan material yang sangat panas dan memiliki suhu yang sangat ekstrem. Suhu rata-rata material ini berkisar 700 hingga 1300 derajat celsius.

Ketika terjadi letusan gunung berapi, maka magma yang sangat panas itu akan keluar. Kejadian ini dapat membahayakan kehidupan mahluk hidup di sekitar gunung api tersebut.

3. Unsur-unsur Kimia yang Terkandung di Dalam Magma


Sejumlah unsur kimia terkandung di dalam magma. Unsur kimia tersebut di antaranya seperti silikon, alumunium, besi, magnesium, titanium, natrium, kalium, hidrogen, hingga oksigen. Tetapi dari semua unsur kimia tersebut, Silikon dioksida atau SiO2 adalah unsur yang paling banyak.

4. Tiap Gunung Berapi Memiliki Ketebalan Magma yang Berbeda


Setiap gunung berapi memiliki ketebalan magma yang berbeda-beda. Tidak semua gunung berapi di dalamnya terdapat magma yang kental.

Menurut nationalgeographic.org, gunung api dengan lereng yang curam biasanya memiliki magma yang sangat kental. Sedangkan gunung berapi yang lebih datar memiliki kandungan magma yang tidak begitu kental.

5. Magma Dapat Dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik


Di dunia ini, satu-satunya yang melakukan inovasi dengan memanfaatkan magma sebagai pembangkit listrik adalah Islandia, salah satu negara di Eropa Utara.

Negara ini menjadi yang perdana memanfaatkan magma di dalam perut bumi sebagai energi alternatif untuk menghasilkan listrik.

Untuk memperoleh energi dari magma, Islandia mengebor sumur ke arah saluran lava di Tanjung Reykjanes yang masih termasuk wilayah dari negara tersebut.

Upaya yang dilakukan Islandia pada tahun 2016 lalu ini bisa menjadi inspirasi bagi negara-negara lain untuk men-subtitusi energi dari fosil menjadi non fosil.

Harusnya sih, cara tersebut cocok nih diterapkan di Indonesia mengingat negara kita memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif.

Nah, itulah tadi 5 fakta menarik tentang magma, batuan cair panas yang ada di dalam perut bumi. Semoga menambah pengetahuan kita!

Sumber:
https://www.idntimes.com/science/discovery/anggita-rezki-a/fakta-menarik-magma-exp-c1c2/full

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta