15 Fakta Unik Ruang Angkasa yang Akan Buat Kamu Terkejut


Yofakta.com - Banyak film luar angkasa yang sudah kita tonton dan membuat kita takjub karena begitu luas dan mengagumkannya luar angkasa. Eksplorasi luar angkasa juga ternyata tidak kalah mengejutkannya dari film-film tersebut.

Nah, berikut ini kami bagikan beragam fakta luar angkasa yang mungkin baru kamu ketahui dan akan buat kamu terkejut.

1. Luar Angkasa Tetap Gelap Meski Banyak Bintang


15 Fakta Unik Ruang Angkasa yang Akan Buat Kamu Terkejut
bobo.grid.id
Di antara kita mungkin pernah berpikir, jika ada begitu banyak bintang mengapa luar angkasa itu gelap? Ternyata, meskipun ada begitu banyak bintang di luar angkasa sana, tapi sebagian besar bintang belum cukup lama untuk menyinari cahaya mereka agar dapat mencapai penglihatan kita.
Perlu kamu ketahui, bahwa alam semesta tidaklah statis dan terus mengembang. Radiasi termal yang tersisa dari Big Bang memperkirakan usia alam semesta sudah mencapai 13,8 miliar tahun.

2. Diperkirakan Lebih Dari 1 Septiliun Bintang Ada di Alam Semesta


Berdasarkan penelitian, Galaksi Bima Sakti memiliki 100 miliar bintang. Dan menurut pengamatan ilmuwan diperkirakan ada sekitar 10 triliun galaksi di seluruh alam semesta ini.

Maka diperkirakan ada sekitar 1.000.000.000.000.000.000.000.000 (1 septiliun) bintang di alam semesta ini. Duh, sakit kepala ini bila harus menghitungnya sendirian...!!

3. Ada Ribuan Lubang Hitam di Galaksi Bima Sakti


15 Fakta Unik Ruang Angkasa yang Akan Buat Kamu Terkejut
nationalgeographic.grid.id
Galaksi Bima Sakti merupakan tempat planet kita berada. Menurut penelitian terbaru, rupanya di Galaksi Bima Sakti terdapat banyak sekali lubang hitam. Bahkan, diperkirakan jumlahnya mencapai 10 ribu lubang hitam. Duh, kalau Bumi sampai terhisap ke salah satunya bagaimana ya?

4. Di Planet Mars, Matahari Terbenam Tampak Berwarna Biru


Di sore hari, kita biasa melihat sunset atau matahari terbenam yang berwarna orange. Rupanya hal ini dapat berbeda bila kita menyaksikannya di planet Mars. Matahari terbenam di planet ini akan tampak berwarna biru. Kok bisa gitu?

Menurut NASA, atmosfer Mars memiliki debu atau pertikel halus yang memungkinkan cahaya biru menembus atmosfer lebih mudah dibandingkan dengan warna panjang gelombang lain seperti merah, orange, dan kuning.

5. Massa dari Tata Surya Kita 99,8% nya Adalah Matahari


15 Fakta Unik Ruang Angkasa yang Akan Buat Kamu Terkejut
Matahari merupakan benda langit paling berat yang ada dalam sistem tata surya kita. Dengan persentase sebesar itu, planet dan benda langit lainnya dalam sistem tata surya kita diibaratkan hanya setitik debu massanya dibandingkan dengan Matahari.

6. Di Venus, Satu Tahun Lebih Cepat dari Satu Hari


Fakta ini memang membingungkan yah gaes...? Jadi, perlu kamu ketahui kalau lama waktu Venus untuk berotasi (dari pagi ke pagi) ini cukup lama, yaitu sekitar 243 hari waktu di bumi.

Sedangkan karena jarak lintasan orbitnya memutari Matahari lebih dekat dibandingkan Bumi, lama waktu Venus untuk mengitari matahari hanya sekitar 225 hari waktu di bumi. Jadi, itulah mengapa waktu 1 hari di Venus lebih lama dari 1 tahun.

Jangan lewatkan: 5 Fakta Menarik Tentang Bumi yang Banyak Orang Salah Mengira

7. Tidak Hanya Dingin, Angkasa juga Bisa Sangat Panas


Bila menganggap luar angkasa itu semuanya dingin, maka kamu salah. Faktanya, tidak semua suhu di luar angkasa itu dingin. Malah bisa menjadi sangat panas.

Misalnya, di bagian gelap luar angkasa suhu dapat mencapai -270 derajat Celsius. Kamu akan langsung membeku pada suhu tersebut. Tetapi di bagian orbit dekat bumi di bawah terpaan sinar Matahari, suhu dapat mencapai 121,111 derajat Celsius dimana panasnya sama seperti air mendidih.

8. Jejak Kaki Astronot di Bulan Dapat Bertahan Hingga 100 juta tahun


Setiap 1 juta tahun, batuan di Bulan mengalami pengikisan hanya sekitar 0,04 inchi saja. Hal ini berarti jejak kaki astronot di Bulan dari misi Apollo di tahun 1969 dapat tetap ada selama 10 juta hingga 100 juta tahun lamanya.

9. Waktu untuk Bertahan di Luar Angkasa Tanpa Pakaian Khusus Astronot Hanya 15 Detik


Ketiadaan tekanan di luar angkasa, membuat udara jadi mengemban. Dalam waktu sekejap, udara di paru-paru akan merusak jaringan sehingga tubuh akan menggunakan semua oksigen dalam darah yang mengalir ke organ.

Itulah mengapa kamu hanya dapat bertahan sebentar saja di luar angkasa tanpa mengenakan pakaian khusus astronot.

10. Ruang Angkasa Dipenuhi Sampah


Bukan hanya di Bumi, ruang angkasa juga ternyata dipenuhi sampah. Sampah-sampah tersebut berupa roket, puing-puing, dan satelit-satelit mati.

Menurut data dari The Space Surveillance Network (SSN), ada sekitar 23.000 objek yang berukuran lebih besar dari softball di luar angkasa. Amerika Serikat menjadi negara penyumbang sampah antariksa terbanyak dengan 3.990 serpihan puing pada Maret 2018 silam.

Sedangkan di urutan kedua ada Rusia dengan 3.959 serpihan puing, dan ketiga adalah China dengan 3.893 serpihan puing.

Sampah-sampah antariksa ini sangat berbahaya karena bergerak dengan kecepatna tinggi dan berjalan tanpa arah. Bila bertabrakan dengan sampah antariksa lainnya bahkan dapat menimbulkan ledakan yang berantai.

Simak juga: Fakta Persaingan Satelit di Asia Tenggara – Indonesia di Posisi Teratas

11. Ruang Angkasa Tidaklah Kosong


Selama ini kita mungkin berpikir di luar angkasa hanya ada planet, bintang, asteroid, dan komet. Sisanya hanyalah ruang kosong. Ternyata tidaklah demikian.

Faktanya meski disebut ruang hampa, luar angkasa bukanlah ruang hampa udara yang sempurna karena mengandung materi dengan kepadatan partikel yang rendah, seperti awan debu antar bintang, ruang plasma, dan sinar kosmik.

12. Hukum Internasional yang Berlaku di Ruang Angkasa


SALAH jika kamu mengira dapat bebas melakukan hal apa saja di luar angkasa. Pasalnya, ada hukum juga yang berlaku antariksa.

PBB memiliki aturan bahwa luar angkasa tidak boleh menjadi zona perang dan uji coba senjata nuklir. Selain itu, setiap ekspedisi ke luar angkasa beserta risiko yang timbul harus menjadi tanggung jawab bagi negara yang meluncurkannya.

13. Luas Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS) Seperti Lapangan Sepak Bola


The ISS merupakan stasiun ruang angkasa yang menjadi proyek gabungan 16 Negara, yaitu Amerika Serikat, Rusia, Jepang, Brazil, Kanada, dan 11 negara Uni Eropa.

Stasiun luar angkasa internasional ini ukurannya cukup besar, hampir seluas lapangan sepak bola dengan berat hampir mencapai 42 ton. Hal ini menjadikannya sebagai struktur buatan manusia terbesar yang mengorbit di luar angkasa.

14. Ada Suara-suara Menakutkan yang Terekam di Luar Angkasa


Suara menakutkan tersebut merupakan hasil rekaman data dalam bentuk cahaya oleh Teleskop Luar Angkasa Kepler yang diterjemahkan ke dalam bentuk suara.

Hasilnya, ada beragam bentuk suara yang dihasilkan. Mulai dari suara ambulans, bip-bip hingga suara-suara seram seperti yang ada di film-film.

Suara ini didapatkan dari teknik sonifikasi data yang digunakan oleh NASA untuk mengambil sinyal dari gelombang radio, gelombang plasma, hingga medan magnet. Kemudian rekaman data tersebut diubah menjadi trek audio yang dapat didengar ketika ada sesuatu yang terjadi di luar angkasa.

15. Ekspedisi Luar Angkasa Itu Biayanya Sangat Mahal


Tahu gak sih, bila ingin mengirimkan sesuatu ke luar angkasa itu biayanya sangat mahal. Jangankan untuk melakukan suatu ekspedisi. Untuk mengirim buah saja setidaknya harus menyiapkan uang USD 2.000 per buahnya. Duh, gimana kalau mengirimkan perbekalan untuk setahun?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai fakta-fakta luar angkasa yang mengejutkan. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita yah!

Sumber:
https://www.brilio.net/

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta