7 Fakta Menarik Mobil Esemka, Mampukah Bersaing di Pasar Otomotif Indonesia?


Yofakta.com - Peluncuran produk dan fasilitas produksi PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Presiden berharap, produk karya anak bangsa tersebut akan banyak dibeli rakyat Indonesia.

7 Fakta Menarik Mobil Esemka, Mampukah Bersaing di Pasar Otomotif Indonesia?
sumber: otomotif.bisnis.com
Jalan terjal harus dilalui sebelum akhirnya mobil Esemka resmi diluncurkan. Mobil yang dikembangkan sejak tahun 2007 itu sempat tak lolos uji emisi gas buang di tahun 2010.

Mobil pertama yang diluncurkan di tahun 2019 ini merupakan jenis pick-up yang diberi nama Esemka Bima. Mobil ini memiliki dominasi warna putih pada bagian bodi dan hitam pada grille depan.
Dibalik peluncuran mobil buatan Indonesia ini rupanya memunculkan sejumlah fakta menarik. Berikut ini kami bagikan fakta-fakta menarik seputar mobil Esemka untuk Anda.

1. Spesifikasi Mobil Esemka BIMA


Esemka Bima tersedia dalam dua varian, yaitu 1.2 dan 1.3. Berikut perbedaan spesifikasi di antara keduanya:

Esemka Bima 1.2

·         Dibekali mesin 1.200 cc (1.2L E-power I4 DOHC).
·         Daya maksimum 72 kW dengan torsi max 119 Nm.
·         Dimensi panjang 4.560 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.890 mm.
·         Dimensi kargo boksnya panjang 2.750 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 460 mm.
·         Berbahan bakar bensin dengan kapasitas tangki 40 liter.
·         Harga jual Rp 95 juta off the road.

Esemka Bima 1.3

·         Dibekali mesin 1.300 cc (1.3L DOHC 16 V).
·         Daya maksimum 63 kW dan torsi max 105 Nm.
·         Dimensi panjang 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.996 mm.
·         Dimensi kargo boksnya panjang 2.970 mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 470 mm.
·         Berbahan bakar bensin dengan kapasitas tangki 40 liter.
·         Harga jual Rp 110 juta off the road.

2. Harga Terjangkau dan Sesuai dengan Kebutuhan Pasar


Untuk harga on the road mobil Esemka Bima berkisar antara Rp 110 juta – Rp 150 juta. Terdapat 12 tipe yang sudah lulus uji, namun baru dua jenis saja yang sudah diproduksi.

Dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan, Esemka Bima diharapkan mampu bersaing dan diterima pasar.

3. Menggunakan 60 Persen Komponen Dalam Negeri


Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Mobil Esemka sudah menggunakan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) mencapai 60 persen.

Bahkan, Presiden Jokowi menilai kualitas kedua mobil yang diluncurkan tersebut sudah cukup baik dari segi desain dan kenyamanan pengemudi.
Presiden juga mengaku sudah melihat proses produksi mulai dari assembly line, finishing line, hingga pengujian mesin, semua sudah baik. Presiden berharap, ke depannya aspek pemasaran dapat lebih diperkuat.

4. Nantinya Akan Ada 4 Tipe Mobil yang Segera Diluncurkan


PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) nantinya akan meluncurkan 4 tipe mobil Esemka. Hal ini sesuai dengan TPT (Tanda Pendaftaran Tipe) yang sudah dikeluarkan Kementerian Perindustrian.

5. Mobil Buatan Indonesia, Tapi Bukan Mobil Nasional


Akhir-akhir ini ramai isu tentang mobil Esemka adalah mobil nasional. Akan tetapi, hal ini dibantah oleh Presiden Direktur Mobil Esemka yang mengatakan bahwa Esemka murni dari perusahaan swasta.

6. Produksi Pertama Banjir Pesanan dari Pedesaan


Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dua mobil Esemka produksi pertama difokuskan untuk transportasi angkutan barang baik di perkotaan dan pedesaan.

Tidak hanya dapat digunakan sebagai angkutan barang, mobil Esemka juga dapat digunakan sebagai angkutan orang di pedesaan.

Kedua Dewan Pembina APDESI (Asosiasi Kepala Desa Indonesia) Budiman Sudjatmiko mengatakan bahwa peresmian pabrik otomotif PT Solo Manufaktur Kreasi oleh Presiden Jokowi disambut baik sejumlah desa di Indonesia.

Budiman menyebutkan mobil niaga Esemka akan mampu mencukupi kebutuhan distribusi produk pertanian di desa-desa. Untuk saat ini saja sudah ada 60 unit pesanan dari sejumlah desa di Bengkulu dan Kalimantan.

7. Siap Bersaing dengan Produk Lain


Presiden Jokowi berharap PT Esemka dan perusahaan swasta lainnya berani berkompetisi dan bersaing dengan produk-produk lain. Tetapi tetap harus memiliki keunggulan brand dan principle Indonesia.

Kualitas yang baik dan harga yang terjangkau menjadi kunci bagi produk buatan dalam negeri agar menarik minat masyarakat untuk membeli.

Mobil Esemka disebut-sebut akan bersaing dengan Daihatsu Gran Max. Dengan harga lebih murah, diharapkan Mobil Esemka akan dapat bersaing dengan produk-produk lain yang sudah lebih dulu terkenal.

Itulah 7 fakta menarik tentang Mobil Esemka, mobil buatan anak bangsa yang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

Sumber:
oto.detik.com
www.merdeka.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta