5 Fakta Mengagumkan tentang Pohon, Yuk Kita Jaga Kelestariannya!


Yofakta.com - Kita semua sudah tahu sejak dulu, bahwa pohon memiliki manfaat penting bagi kehidupan mahluk hidup di Bumi, mulai dari memberi kita oksigen, menghasilkan kayu, hingga melindungi kita dari sinar matahari yang terik.

Namun, tidak banyak orang tahu kalau ternyata pohon memiliki sejumlah fakta yang akan menambah kekaguman Anda terhadapnya.

1. Tanpa Pohon Bagaimana Mahluk Hidup Bisa Bernapas?


5 Fakta Mengagumkan tentang Pohon, Yuk Kita Jaga Kelestariannya!
Semua orang pasti tahu, pohon menghasilkan oksigen yang digunakan mahluk hidup di Bumi untuk bernapas. Tujuh atau delapan pohon dapat memenuhi kebutuhan oksigen seseorang dalam setahun. Lantas, jika jumlah pohon terus berkurang, bagaimana caranya nanti mahluk hidup dapat bernapas?
Perlu Anda tahu juga kalau setiap pohon menghasilkan oksigen dalam jumlah yang tidak sama banyak. Misalnya saja pohon Bambu, mampu menghasilkan oksigen 25% lebih banyak dibandingkan pohon lain. Wah, bisa jadi pilihan tepat nih untuk penghijauan..!!

2. Begitu Banyak Manfaat Pohon untuk Kesehatan


5 Fakta Mengagumkan tentang Pohon, Yuk Kita Jaga Kelestariannya!
Tidak hanya menghasilkan oksigen yang menjadi kehidupan mahluk hidup untuk bernapas. Pohon juga menghasilkan senyawa Phytoncide.

Pohon memproduksi Phytoncide untuk mengusir serangga serta memerangi jamur dan bakteri.

Namun, bagi manusia senyawa ini memiliki manfaat yang begitu besar, mulai dari mengurangi tingkat stress, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit, hingga memproduksi sel pencegah kanker.

Jadi kalau ingin mengurangi stress dan me-refresh pikiran, jalan-jalan saja ke taman yang banyak pohonnya.

3. Bintang di Langit Tidak Sebanyak Pohon di Bumi


5 Fakta Mengagumkan tentang Pohon, Yuk Kita Jaga Kelestariannya!
Dikutip dari beberapa sumber, jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti (Milkyway) sekitar 100-400 milyar bintang. Memang sih, jumlah tepatnya sulit untuk dipastikan. Tapi ternyata, jumlah pohon di Bumi masih jauh lebih banyak dari jumlah bintang di galaksi.

Berdasarkan survei lapangan dan gambar satelit yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Yale bahwa pohon yang ada di Bumi jumlahnya sekitar 3 triliun. Artinya, ada sekitar 420 pohon untuk setiap manusia di planet ini.

4. Ada Puluhan Ribu Jumlah Spesies Pohon yang Sudah Diketahui


Sedangkan untuk jumlah spesiesnya, pohon di Bumi memiliki sekitar 60 ribu spesies. Dari jumlah tersebut, Brasil merupakan negara dengan jumlah spesies pohon terbanyak, yaitu mencapai 8.700 spesies.

Paling sedikit adalah kawasan Amerika Utara yang hanya memiliki kurang dari 1.400 spesies. Sementara hampir tidak ada spesies pohon yang hidup di kedua kutub Bumi.

5. Mayoritas Spesies Pohon adalah Endemik


Dari 60.000 jumlah spesies pohon di Bumi, sekitar 58% merupakan endemik, yaitu hanya terdapat di suatu negara dan tidak ada di negara lain.

Maka, apabila ada spesies pohon musnah di suatu negara maka spesies endemik itu akan punah. Apalagi, saat ini ada sekitar 300 spesies pohon yang sudah terancam punah dan berstatus kritis.
Demikian 5 fakta menarik yang semoga dapat meningkatkan kekaguman kita terhadap pohon. Mari sebisa mungkin lestarikan pohon yang ada di sekitar lingkungan kita!

Sumber:
www.idntimes.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta