8 Fakta Sosok BJ Habibie, Mengenang Putra Terbaik Bangsa yang Karyanya Diakui Dunia


Yofakta.com - Masih ingat dahulu ketika kita masih sekolah, orangtua selalu berpesan “Belajar yang rajin biar pintar seperti Pak Habibie”.

Begitulah, nama Pak Habibie tentu sudah tidak asing lagi bagi rakyat Indonesia, bahkan karya-karyanya di bidang teknologi telah banyak diakui dunia.

8 Fakta Sosok BJ Habibie, Mengenang Putra Terbaik Bangsa yang Karyanya Diakui Dunia
sumber: rri.co.id
Bernama lengkap Bacharuddin Jusuf Habibie, sosok yang akrab disapa Eyang ini adalah ilmuwan asal Indonesia yang begitu mumpuni. Beliau juga merupakan tokoh nasional yang dijuluki sebagai ‘Bapak Demokrasi’.
Indonesia kembali kehilangan ‘putra terbaik bangsa’. BJ Habibie telah tutup usia pada hari Rabu 11 September 2019 pukul 18.05 WIB. Almarhum menghembuskan napas terakhir setelah dirawat intensif selama 11 hari di RSPAD Gatot Soebroto.

Berikut kami sampaikan fakta-fakta menarik sosok BJ Habibie, semoga bisa menjadi inspirasi untuk kita semua:

1. Lahir di Pare-Pare, Anak Keempat dari Delapan Bersaudara


Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Anak keempat dari delapan bersaudara ini sudah kehilangan sang ayah sejak berusia 14 tahun yang meninggal akibat serangan jantung.

8 Fakta Sosok BJ Habibie, Mengenang Putra Terbaik Bangsa yang Karyanya Diakui Dunia
sumber: www.liputan6.com
Saat berusia 26 tahun, Habibie meminang Hasri Ainun Besari (Ainun Habibie) sebagai istrinya dan melangsungkan pernikahan pada 12 Mei 1962.

2. Lulus dari ITB, Lanjut Studi ke Jerman


Saat masih kecil, BJ Habibie sangat gemar membaca dan menunggang kuda. Ia juga dikenal memiliki kemampuan menonjol dibandingkan anak-anak seusianya.

Setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB), BJ Habibie mendapatkan beasiswa dari pemerintah Indonesia dan melanjutkan studi teknik penerbangan di Rhenish Wesfalische Tehnische Hochscule, dengan spesialisasi konstruksi pesawat terbang.

3. Mendapat Predikat Cumlaud di Jerman


Gelar Diploma Ing, dengan predikat cumlaud (sempurna) diperolehnya saat menempuh pendidikan di Jerman. Kemudian di universitas yang sama pula, BJ Habibie meneruskan pendidikan doktoralnya dan memperoleh gelar Dr Ingenieur dengan predikat summa cumlaude (sangat sempurna).

4. Memiliki Gelar Akademik yang Sangat Panjang


Usai tamat pendidikan SMA di Gouverments Middlebare School, Habibie meraih gelar sarjananya di Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya di era Presiden Soekarno, Habibie muda mendapatkan beasiswa untuk meneruskan pendidikannya ke Jerman.

Dari pendidikan yang sudah ia tempuh baik di dalam dan luar negeri membuat Habibie memiliki gelar akademik yang cukup panjang.

Jangan lewatkan: Fakta Persaingan Satelit di Asia Tenggara – Indonesia di Posisi Teratas

Apabila dituliskan secara lengkap nama beserta gelarnya, akan menjadi Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie.

5. Menjalani Kuliah Sambil Bekerja


Selain cerdas, BJ Habibie juga seorang pekerja keras. Ia menjalani kuliah sambil bekerja di Messerschmitt-Bölkow-Blohm, perusahaan penerbangan yang berlokasi di Hamburg, Jerman.

Prestasi dan kerja keras BJ Habibie pun mendapat sorotan dari Presiden Soeharto yang kemudian memintanya untuk pulang ke Indonesia pada tahun 1973. Presiden Soeharto memerintahkan BJ Habibie untuk memimpin pengembangan industri di Indonesia.

6. Karirnya Kian Melambung dan Ditunjuk Menjadi Menteri


Habibie mendapatkan mandat dari Presiden Soeharto untuk menjadi CEO di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN). Karirnya semakin melambung, Ia pun dipercaya menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi di tahun 1978.

BJ Habibie juga menjadi pemimpin proyek pesawat pertama buatan Indonesia bernama N250 Gatot Kaca. Sayangnya, akibat krisis moneter IPTN kemudian ditutup oleh Presiden Soeharto.

7. Karyanya Diakui Dunia


Saat bersekolah di Jerman, Habibie muda mencetuskan rumus untuk menghitung crack progression on random. Rumus ini selanjutnya disebut dengan Faktor Habibie.

Rumus yang dicetuskan Habibie bukan sembarang rumus, karyanya itu diakui lembaga internasional seperti Lembaga Penerbangan dan Luar Angkasa Jerman, The Royal Aeronautical Society London (Inggris), The Royal Swedish Academy of Engineering Sciences (Swedia), The Academie Nationale de l’Air de I’Espace (Perancis), dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat).

Segudang penghargaan lainnya juga pernah diperoleh Habibie, antara lain:
  • Guru besar di ITB.
  • Edward Warner Award.
  • Theodore Van Karman Award.
  • Bintang Mahaputra Adipradana Republik Indonesia.
  • Satya Lencana Widya Sistha dari Departemen Pertahanan dan Keamanan RI.
  • Cavaliere di Grand Croce, Italia (1986).
  • Grand Cross of The Aeronatical Merit Republik Chili (1985).
  • 10 tokoh terkemuka dalam bidang penerbangan di Majalah Aviation International News, Amerika Serikat (1985), dan masih banyak lagi.



8. Presiden Ketiga Republik Indonesia


8 Fakta Sosok BJ Habibie, Mengenang Putra Terbaik Bangsa yang Karyanya Diakui Dunia
Setelah dipercaya sebagai menteri, pada 14 Maret 1998 BJ Habibie diangkat menjadi Wakil Presiden Kabinet Pembangunan VII oleh Presiden Soeharto.

Dua bulan kemudian, Habibie menjabat sebagai Presiden RI ke-3 pasca-pengunduran diri Soeharto yang didesak mundur oleh rakyat Indonesia pada 1998.

Masa Orde Baru telah usai, Habibie memimpin jalannya masa reformasi. Ia menamai kabinetnya dengan sebutan Kabinet Reformasi Pembangunan.

Kabinet itu diharapkan mampu menggalang dukungan dari negara-negara lain untuk memulihkan perekonomian Indonesia pasca reformasi dan krisis moneter.

Di era reformasi, masyarakat memperoleh kebebasan menyuarakan opini di ruang publik. Partai politik juga mulai banyak bermunculan.

Media dan pers yang terbungkam selama masa Orde Baru mulai mendapatkan kebebasan untuk menyampaikan informasi yang objektif dan berimbang kepada masyarakat.

Selama 17 bulan menjabat sebagai Presiden, Habibie kemudian digantikan oleh Presiden Keempat Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

Itulah sejumlah fakta yang penuh inspirasi dari sosok BJ Habibie, putra terbaik bangsa yang karya-karyanya diakui dunia. Selamat jalan ‘Eyang’...! Semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi Sang Pencipta...

Lanjutkan membaca: Pekerja Asing Bakal Membludak? Ini Dia Fakta-faktanya!

Sumber: style.tribunnews.com, www.idntimes.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta