Beredar Nama-nama Calon Menteri Jokowi dari Gerindra, Ini Dia Klarifikasinya!


Yofakta.com - Seperti kita ketahui, Presiden Joko Widodo telah bertemu Prabowo Subianto di Stasiun MRT Senayan, pada Sabtu (13/7/19) lalu.

Beredar Nama-nama Calon Menteri Jokowi dari Gerindra, Ini Dia Klarifikasinya!
Dalam kesempatan tersebut, Prabowo Subianto juga mengucapkan “Selamat” kepada Joko Widodo setelah ditetapkan sebagai calon presiden terpilih pada Pemilu 2019.
Ketua Umum Partai Gerindra itu juga melanjutkan pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri pada pekan lalu.

Pertemuan-pertemuan ini memunculkan banyak spekulasi bahwa Gerindra akan bergabung dengan koalisi pemerintahan Jokowi untuk lima tahun ke depan meski tidak tergabung dalam partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo, bahwa Gerindra siap untuk membantu pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin apabila memang dibutuhkan. Namun, bila tidak pun mereka juga siap untuk berada di luar pemerintahan.

Edhy menyampaikan, partai-partai koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf tidak perlu khawatir kehilangan kursi di Kabinet Kerja Jilid II. Pasalnya, bagi Gerindra membangun negeri tidak harus dengan menduduki suatu jabatan.

Tapi belakangan beredar nama-nama calon menteri dari Gerindra yang diberitakan oleh sejumlah media secara terang-terangan. Mulai dari nama Edhy Prabowo, Sandiaga Uno, Ahmad Muzani, hingga Hashim Djojohadikusumo.

Lantas seperti apa fakta dari berita tersebut?

Klarifikasi dari Gerindra


Andre Rosiade selaku Wasekjen Partai Gerindra mengonfirmasi berita tersebut bahwa partainya tidak pernah mengajukan nama-nama calon menteri ke presiden terpilih 2019 Joko Widodo. Menurutnya, soal jabatan menteri itu sepenuhnya Hak Prerogatif Presiden.

Bahkan, Andre mengatakan sejauh ini Gerindra belum menentukan sikap soal koalisi. Namun demikian, dia mengakui bahwa sejak dulu Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto adalah sahabat Ketua Umum Megawati dan Presiden Jokowi.

Andre juga menambahkan, sejak awal Pak Prabowo menawarkan konsep kerakyatan, kedaulatan energi dan pangan. Dan tetap menjadi komitmen beliau hingga sekarang.

Begitu juga seperti yang diungkapkan oleh Ketua Umum DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, di Jakarta, pada Sabtu (27/7) lalu. Pihaknya tidak menyiapkan nama-nama untuk menjadi menteri di kabinet Jokowi-Ma’ruf.

Dasco menilai bila ada isu yang menyebut Gerindra menyiapkan nama calon menteri, itu adalah opini dan bukan sikap resmi partai.

Dasco juga menegaskan bahwa pertemuan antara Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri beberapa hari lalu bukan membicarakan rekonsiliasi dua kubu melalui pembagian kekuasaan.

Di sisi lain, Wakil Ketum Gerindra, Ferry Juliantono menyebut partainya tetap terbuka untuk bergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi di periode kedua ini. Hal ini dikarenakan Gerindra dan PDIP memang dekat sejak dulu.

Selain itu, Gerindra juga memiliki banyak kesamaan dengan PDIP, diantaranya sama-sama partai, nasionalis-religius, keduanya juga memiliki ide-ide tentang Pancasila untuk menumbuhkannya lagi secara konseptual di masyarakat, dan memiliki ide-ide soal kebangsaan yang mandiri.

Lanjutkan membaca: Masyarakat Papua Ingin Banser Dibubarkan? Cek Faktanya Di Sini!

Sumber:
www.tribunnews.com
www.jawapos.com
www.merdeka.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta