5 Fakta Menarik WhatsApp dan Fitur Tersembunyi di Dalamnya


Yofakta.com - Jika dulu ketika ingin mengirim pesan kita begitu familiar dengan SMS (Short Message Service), sekarang kita bisa mengirim pesan dengan lebih mudah dan murah menggunakan layanan pesan instan (instant messenger).

5 Fakta Menarik Tentang WhatsApp dan Fitur Tersembunyi di Dalamnya
via metro.co.uk
WhatsApp (WA) merupakan salah satu layanan pesan instan yang menjadi favorit banyak orang.

Fiturnya yang sesuai kebutuhan dan tampilannya yang sederhana membuat aplikasi instan messenger ini dipilih oleh banyak orang. Terutama untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, maupun rekan bisnis.

Tetapi sejak awal kemunculannya di tahun 2009, ternyata ada fakta-fakta menarik di balik WhatsApp yang tidak diketahui banyak orang.

Fakta-fakta Menarik Seputar Aplikasi WhatsApp


Berikut ini kami sampaikan fakta-fakta menarik tentang WhatsApp yang ternyata jarang diketahui oleh banyak penggunanya.

1. Aplikasi 1 Miliar Pengguna, Hanya Dikelola Oleh 5 Orang


Mungkin banyak orang tak akan percaya bila aplikasi dengan pengguna terbesar di dunia ini hanya dikelola oleh 5 orang saja. Duh, kok bisa ya, bagaimana caranya? Entahlah, karena sampai sekarang hal ini masih menjadi ‘rahasia perusahaan’.

2. Pendirinya Pernah Ditolak Bekerja di Facebook dan Twitter


WhatsApp juga ternyata didirikan oleh 2 orang mantan karyawan Yahoo, yaitu Jan Koum dan Brian Acton. Menariknya, Brian Acton pernah coba melamar pekerjaan di Facebook dan Twitter tapi ia ditolak.

Sedangkan Jan Koum merupakan pencetus nama ‘WhatsApp’ yang bermula karena pengucapannya yang serupa dengan kata ‘Whats Up’.

3. WhatsApp Dibangun Tanpa Biaya Marketing Sepeserpun


Fakta berikutnya yang sangat menarik tentang WhatsApp adalah aplikasi ini tidak mengeluarkan uang sama sekali untuk dana marketingnya.

Tim WhatsApp tetap fokus pada pengembangan aplikasi chatting murni yang mengutamakan kenyamanan pengguna. Lucunya, Jan Koum sendiri menempelkan sebuah note dari Brian di meja kerja yang bertuliskan “No Ads! No Games! No Gimmick!”.

4. Pernah Ditawar Google Tapi Akhirnya Dibeli Facebook


Dulu, Google pernah menawar WhatsApp seharga 10 miliar USD. Tapi, ditolak. Tawaran kembali datang dari perusahaan lain, yakni Facebook. Kali ini tawaran diterima.

Kok bisa? Pantas saja diterima, lha penawarannya saja seharga 19 miliar USD. Pasti berat untuk menolaknya! Peristiwa ini lalu diresmikan pada tanggal 14 Februari 2014 bertepatan dengan Hari Valentine.

5. Memiliki Banyak Fitur Tersembunyi


Fakta lainnya ialah aplikasi yang tampak sederhana ini ternyata memiliki banyak fitur tersembunyi yang jarang orang tahu lho. Jangan ngaku kekinian yah kalau belum tahu fitur-fitur tersembunyi WhatsApp tersebut.

Mengatur Gaya Penulisan
  • Untuk memiringkan teks, kamu bisa menulisnya seperti ini: _teks_
  • Untuk menebalkan tulis seperti ini: *teks*
  • Sedangkan untuk strikethrough (tulisan dicoret) tulis seperti ini: ~teks~
  • Atau kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan menulis seperti ini: *_teks_*

Pengaturan Tanda Centang Biru

Caranya, buka settings (setelan) > akun > privasi > laporan dibaca (ON/OFF).

Atau kamu juga bisa menghidupkan mode pesawat sebelum membuka chat dan keluar dari chat baru kemudian mematikan mode pesawat.

Mengembalikan Pesan-pesan yang Sudah Terhapus

Untuk mengaktifkan fungsi ini, kamu harus mengatur backup harian dan menyinkronkannya dengan Google Drive. Ketika ingin mengembalikan pesan yang tidak sengaja terhapus, cukup install ulang saja aplikasi WA kamu.

Memberi Tanda pada Pesan-pesan Penting

Biasanya, karena terlalu banyak candaan, pesan-pesan penting jadi sulit dicari dan kamu harus scrolling panjang sekali untuk menemukannya.

Padahal, kamu bisa memberi tanda bintang pada pesan-pesan yang dianggap penting sehingga jadi mudah ditemukan. Pesan-pesan berbintang ini juga bisa kamu sortir di menu starred messages yang ada pada menu Settings.

Membuka WhatsApp Lewat Komputer atau Laptop

Caranya, buka tautan web.whatsapp.com pada browser di komputermu. Selanjutnya, pada aplikasi WhatsApp di smartphone, buka Settings (setelan) > Whatsapp Web.

Pindai QR code dari WhatsApp Web yang ada di komputer. Nah, sekarang kamu bisa chattingan WhatsApp lewat komputer atau laptop deh. Mudah bukan?

Mencari Tahu Siapa Saja yang Membaca Pesan Kamu di Grup

Caranya, tekan sesaat pada pesan yang kamu kirim. Lalu pilih info. Kamu akan tahu siapa saja anggota di grup yang sudah membaca pesan kamu dan kapan mereka membacanya.

Demikian beberapa fakta tentang WhatsApp dan fitur-fitur tersembunyi di dalamnya. Semoga bermanfaat yah!

sumber: www.hipwee.com | bangka.tribunnews.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yofakta